Guide Dasar Menjadi Roaming Support yang Baik dalam DOTA 2

guide untuk menjadi roaming support dota 2

Sebelum masuk lebih dalam, mari kita mengenal terlebih dahulu tentang support pada game Dota 2. Role support di Dota sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu roaming support (Pos 4) dan hard support (Pos 5). Dalam artikel ini kita akan membahas soal roaming support.

Roaming Support (pos 4):
  1. Salah satu hal terpenting bagi roaming support di adalah mengambil bounty rune terutama di early game. Pelajari dan ingat-ingat timing yang tepat untuk rotasi pengambilan bounty.
  2. Support yang memiliki skill cooldown lumayan cepat lebih direkomendasikan saat ini. Contoh: Pudge, Tuskarr, Earth Spirit, Slardar, Clockwerk, Sand King, Mirana, Earthshaker, Bounty Hunter, Riki, Elder Titan. Apalagi hero yang memiliki skill stun/disable/lockdown lebih diutamakan untuk di pick.
  3. Sering-sering membantu ganking mid/carry safelane, jangan lupa untuk melakukan koordinasi dengan hard support ketika carry sudah dipastikan aman untuk menjaga laning sendiri dan tersedia vision bagi carry.
  4. Shrine sangat penting bagi roaming support, karena mereka harus lebih sering bertahan di map daripada bolak-balik ke base. Koordinasi dengan teammu kapan mereka mau pake shrine.
  5. Cari lane mana yang punya potensi mendapatkan kill tinggi. Terkadang dalam draft hero kita ada hero-hero yang mudah melakukan kill pada early game, bahkan ada juga hero-hero late game yang tidak punya early kill potential. Bantu hero-hero yang memiliki potensi kill lebih banyak untuk awal-awal game.
  6. Malam adalah waktu yang cocok untuk melakukan ganking. Karena vision musuh berkurang sejumlah 1000 dibandingkan dengan siang hari. Tapi jika ada hero-hero yang punya night vision di tim lawan seperti Night Stalker, Luna, dan Winter Wyvern (talent WW). Sediakan ward/vision dahulu sebelum melakukan gank.
  7. Pada early game, item-item roaming support lebih diutamakan ke movement dan utilities. Contoh: boots, tango, clarity, atau windlace, healing salve, mango. Disarankan juga untuk membeli blight stone atau orb of venom.
  8. Usahakan untuk stay in fog. Daerah dimana lawanmu tidak memiliki vision, seperti di pepohonan. Ketika lawan menyadari bahwa heromu menghilang dari map, maka mereka hanya memiliki dua pilihan, ambil resiko farming di lane, atau bermain aman di dekat tower. Mereka akan merasa lebih was-was kalau main fogmu bagus, karena kamu bisa muncul di saat yang tidak mereka duga.
  9. Ketika hard support kita benar-benar miskin dari warding, beli dust, dll. Maka sebagai roaming support kita harus bisa membantu warding atau membeli sentry sampe setidaknya hard support kita memiliki item survive. Roaming support juga bisa membantu stacking creep jungle juga ketika tidak ada potensi untuk mengkill lawan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel